Ngarai Takachiho adalah salah satu tempat wisata alam paling menakjubkan di Pulau Kyushu, Jepang. Di hutan Miyazaki, Sungai Gokase mengalir melalui ngarai yang terdiri dari kolom basal vulkanik di mana Air Terjun Minainotaki setinggi 17 meter mengalir deras kepada para turis yang terpesona di bawahnya yang mengayuh perahu dayung ikonik melalui jurang sempit.

– CARA MENDAPATKAN JUARA TAKACHIHO
Ngarai Takachiho berada di Prefektur Miyazaki di Pulau Kyushu, Jepang. Meskipun Anda dapat mendasarkan diri di Miyazaki, jauh lebih umum untuk berbasis di Fukuoka (kota terbesar di Kyushu) atau Kumamoto. Jika Anda berbasis di salah satu dari dua kota tersebut, yang terbaik adalah menyewa mobil untuk hari itu atau seperti yang saya lakukan, menyewa mobil untuk seluruh perjalanan Anda di seluruh Pulau Kyushu. Memiliki mobil membuatnya sangat mudah untuk mengunjungi semua atraksi alam yang epik dan tidak ada terlalu banyak transportasi umum selain dari jalur ke dan dari kota-kota besar. Mendapatkan ke air terjun terpencil atau gunung berapi baik dilakukan di tur atau di dalam mobil untuk sebagian besar.

Ngarai Takachiho dari Fukuoka: Dari Kota Fukuoka ke Ngarai Takachiho menempuh jarak 178km dengan waktu 2 jam 40 menit. Ada beberapa pemberhentian yang bisa Anda lakukan di sepanjang jalan untuk memecah perjalanan, tetapi itu pasti merupakan perjalanan yang panjang. Alternatif untuk mengemudi sejauh itu adalah naik kereta api ke Kumamoto, tetapi kemudian Anda harus mengikuti tur dari sana.

Ngarai Takachiho dari Kumamoto: Kumamoto adalah tempat terbaik untuk basis kunjungan Anda ke Ngarai Takachiho. Perjalanan sejauh 77 km akan memakan waktu 1 jam 40 menit dari Kumamoto dengan mobil.

– TUR HARI TAKACHIHO GORGE
Seperti yang saya katakan di atas, Ngarai Takachiho agak sulit dijangkau dengan transportasi umum, jadi kecuali Anda menyewa mobil, cara terbaik untuk sampai ke sana adalah dengan Tur Harian Ngarai Takachiho. Tur sudah termasuk pengantaran dan penjemputan dari hotel Anda, pemandu berbahasa Inggris selama Anda berada di ngarai. Helen sang pemandu adalah legenda mutlak dan kami menyukai tur ini dan lokasi epik ini.

– WAKTU TERBAIK UNTUK MENGUNJUNGI GORGE TAKACHIHO
Pulau Kyushu indah di musim panas dan musim gugur, yang merupakan waktu paling populer bagi wisatawan. Di musim gugur Anda mendapatkan warna oranye yang indah dan warna yang berbeda di pepohonan dan di musim panas Anda diberkati dengan cuaca terbaik. Saya mengunjungi di musim dingin, yang bukan waktu yang paling indah karena banyak daun yang mati sehingga ada banyak pohon yang jarang. Namun, Ngarai Takachiho berada di ketinggian yang lebih rendah dan di tempat yang masih asri dan hijau di musim dingin. Kesimpulannya cukup banyak bahwa itu adalah atraksi sepanjang tahun, yang hanya akan sedikit berbeda pada waktu yang berbeda sepanjang tahun.

Waktu hari yang Anda kunjungi sebenarnya adalah faktor yang paling penting daripada waktu tahun yang Anda kunjungi. Ini karena cahaya mengalir ke bawah ke air terjun menciptakan aliran emas untuk mantra jam singkat. Saya tiba jam 10 pagi dan kemudian sekitar jam 11 air terjun mulai bersinar karena matahari berada di tempat yang tepat. Ini adalah waktu terbaik untuk foto-foto dan hanya untuk menikmati ngarai dalam pencahayaan terbaik baik Anda memiliki kamera atau tidak. Cobalah dan tiba di sana pertengahan pagi dan nongkrong sebentar memberi Anda waktu untuk menyiapkan dan mendapatkan perahu dayung Anda atau temukan tempat yang bagus untuk menikmati ngarai.

– BIAYA MASUK DAN BIAYA PERAHU DI TAKACHIHO GORGE
1. Ada biaya masuk 1000 Yen dan area ini buka dari jam 8 pagi sampai jam 9 malam setiap hari selain acara-acara khusus dimana jam bukanya mungkin berbeda.
2. Biaya untuk menyewa perahu baru-baru ini meningkat secara dramatis dan pada Februari 2020 harga untuk mendayung perahu selama 30 menit berturut-turut adalah 3000 Yen.

– PENGALAMAN SAYA DI TAKACHIHO GORGE
Ketika saya mengunjungi Ngarai Takachiho, saya berbasis di Fukuoka tetapi saya sangat menyarankan mengunjungi saat berbasis di Miyazaki, Beppu atau Kumamoto untuk membuat perjalanan jauh lebih singkat. Saya naik kereta ke Kumamoto dan kemudian bertemu pemandu wisata saya dari Tur Klook yang telah saya pesan. Helen sopir kami menemui kami di stasiun kereta api dan kami berangkat dengan van turnya ke Ngarai Takachiho. Kami melakukan beberapa perhentian lain sepanjang hari tetapi fokus utama hari itu adalah mengunjungi Takachiho, yang merupakan atraksi paling populer di Kyushu.

Anda tidak perlu panduan tetapi itu berguna karena panduan selalu ada. Helen sangat dingin dan membantu kami sampai di sana pada waktu yang tepat untuk pencahayaan terbaik dan memberi tahu kami cara menyewa perahu, ke mana harus pergi pada waktu tertentu untuk cahaya keemasan di air terjun dan memberikan beberapa info latar belakang tentang air terjun dan ngarai . Transit ke dan dari stasiun Kumamoto juga sangat praktis. Jadi, mendapatkan panduan tidak perlu tetapi pasti berguna dan jika Anda memiliki grup besar itu bisa membuat segalanya lebih mudah.

Kami tiba di Ngarai Takachiho sekitar pukul 10 pagi, yang terbukti merupakan waktu yang tepat. Cahaya keemasan menerpa air terjun sekitar 45 menit kemudian, jadi kami berada di waktu utama untuk berfoto begitu kami berada di perahu dan di platform pengamatan. Kami langsung menuju ke area dermaga dimana semua perahu sewaan berada. Dalam perjalanan turun Anda akan melewati air terjun yang megah, yang dibayangi oleh Air Terjun Minainotaki yang terkenal, yang merupakan bintang pertunjukan di ngarai.

Saya sedikit kaget saat mengetahui harga sewa perahu seharga 3000 Yen, yang saat itu saya kunjungi disamakan dengan sekitar $30 USD atau $50 AUD. Tampaknya agak curam untuk dayung perahu dayung kayu selama 30 menit, tetapi selalu dipesan dan sangat populer sehingga permintaan ada di sana. Jika Anda memiliki anggaran terbatas, Anda dapat melihat semuanya dari platform dan masih memiliki pengalaman hebat tanpa mengeluarkan $50 dolar Australia untuk sewa perahu, yang tidak termasuk dalam Tur Klook. Kami mulai mendayung yang sangat pendek ke ngarai untuk mengunjungi air terjun. Saya pernah mendengar pada hari-hari bus sangat sibuk dengan kapal di kiri, kanan dan tengah, tetapi ketika kami pergi, itu tepat sebelum wabah Virus Corona dan selama musim dingin sehingga kerumunan sangat rendah dan hanya beberapa kapal di atas air.

Dayungnya cukup mudah dan hanya membutuhkan beberapa menit untuk mendekati air terjun. Secara total, Anda hanya perlu mendayung sekitar 200m sekali jalan dan kemudian kembali untuk melihat seluruh ngarai. Ini adalah aktivitas keluarga yang sangat santai dan menyenangkan. Pertama, Anda akan mendayung di bawah jembatan batu dan kemudian di sepanjang Air Terjun Minainotaki. Itu menyemprot kami sedikit tetapi kebanyakan kami hanya menikmati ngarai yang menakjubkan, yang terbuat dari kolom basal vulkanik. Tiang-tiang tersebut dikatakan menyerupai sisik naga di mana batu-batunya dipelintir saat sungai mengalir dalam formasi ngarai. Cara kedua untuk menikmati Ngarai Takachiho adalah dari salah satu dari banyak titik pandang. Dua favorit saya adalah jembatan dan sudut pandang yang lebih rendah (paling populer). Jembatan memberi Anda pemandangan yang sangat tinggi dari perahu dan air terjun di bawahnya, dibingkai dengan indah oleh pepohonan yang menjorok dan dinding ngarai.

Sudut pandang yang lebih rendah dikatakan sangat ramai selama waktu-waktu populer tahun ini, tetapi sebagian besar kami memilikinya untuk diri kami sendiri. Saat itulah cahaya benar-benar mengenai air terjun sehingga tampak seperti aliran emas turun ke sungai ngarai. Ini adalah momen favorit saya dari seluruh kunjungan kami ke Ngarai Takachiho dan saya juga tertarik dengan foto-foto yang saya ambil. Tempat kecil terakhir yang kami kunjungi adalah berjalan-jalan lebih jauh ke ngarai di mana Anda bisa melihat tiang basal dari dekat dan bahkan menyeberangi beberapa jembatan lagi yang menghadap langsung ke jurang di bawah. Seluruh wilayah ini luar biasa dengan kejutan di setiap sudutnya. Pastikan Anda mencoba toko mie di tepi sungai yang mengantarkan mie Anda dengan cara yang cukup unik. Mereka menggunakan tabung bambu untuk mengapungkan mie Anda ke bawah meja bersama Anda dan Anda perlu menyendoknya dengan sumpit. Toko-toko menggunakan air yang didinginkan secara alami dari air terjun untuk menjaga mie pada suhu yang tepat (ya… mie dingin). Ini adalah pengalaman hebat dan mengakhiri hari petualangan kecil yang indah bagi kami.